Kamis, 21 April 2011

Belimbing wuluh penurun tensi darah

BELIMBING wuluh selain mudah ditemukan dan murah harganya juga dikenal sebagai salah satu bumbu sekaligus penyedap masakan . Hebatnya lagi,buah yg terkenal dgn rasanya yg asam ini juga memiliki manfaat sebagai obat alami, terutama untuk menurunkan penyakit tekanan darah tinggi.

Apa yg membuat belimbing wuluh memiliki manfaat sebagai obat alami atau fitofarmaka? Seperti dijelaskan ahli tanaman obat Dr Setiawan Dalimarta, sifat kimiawi dan efek farmakologis belimbing wuluh di antaranya adalah para asam dan sejuk. Sifat bawaan ini berkhasiat menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing.

Batang belimbing wuluh mengandung saponin, tanin, glucoside, kalsium oksalat, sulfur, asam format. Daunnya mengandung tanin, sulfur, asam format, dan perokside, sedangkan buahnya secara khusus dimanfaatkan untuk obat darah tinggi.

★Meramu Belimbing wuluh★

Secara umum, belimbing wuluh dapat dimanfaatkan untuk berbagai ramuan pengobatan alami. Belimbing wuluh memang sudah terlanjur dikenal sebagai tanaman obat yg berguna untuk obat darah tinggi.

Seseorang dikatakan menderita penyakit tekanan darah tinggi bila nilai tekanan darah sistoliknya di atas 140 mmHg dan diastoliknya di atas 90 mmHG. Dalam jamur kedokteran, tekanan darah tinggi sering juga disebut hipertensi.

Berikut adalah cara meramu belimbing wuluh untuk obat darah tinggi seperti dijelaskan ahli tanaman obat, Dr setiawan dalimarta.

Bahan yg dibutuhkan, 3 buah belimbing wuluh ukuran sedang.
Cara meramu:
● buah belimbing wuluh dicuci dengan air bersih lalu dipotong-potong. Kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air. Setelah dingin, airnya disaring sebelum diminum setelah malam pagi.
● siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji srigading 25 gr yg sudah dicuci bersih. Biji srigading ditumbuk halus. Masukkan ke dalam panci berisi 4 gelas air dan rebuskah bersama belimbing wuluh. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. Cukup diminum sekali sehari.
● buah belimbing wuluh diparut, peras ambil airnya dan diminum sekali sehari.

Catatan: penderita hipertensi yg air kencingnya mengandung kristal oksalat disarankan tidak menggunakan resep ini karena bahannya mengandung asam oksalat. Penderita hipertensi dengan gangguan lambung seperti maag juga tidak dianjurkan menggunakan resep ini karena rasanya yg asam. Anda dapat mengganti belimbing wuluh dengan belimbing manis. Kompas.com/sa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar